PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII-1 SMP NASRANI 1 MEDAN

Munthe, Desi R. (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII-1 SMP NASRANI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1_4123311009_Cover.pdf]
Preview
Text
1_4123311009_Cover.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2_4123311009-Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2_4123311009-Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3_ 4123311009 _ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3_ 4123311009 _ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4_4123311009 _KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4_4123311009 _KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 5_ 4123311009 _Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5_ 4123311009 _Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6_4123311009_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6_4123311009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7_4123311009_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7_4123311009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8_4123311009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8_4123311009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9_4123311009_BAB I.pdf]
Preview
Text
9_4123311009_BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 13_4123311009_BAB V.pdf]
Preview
Text
13_4123311009_BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14_4123311009_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14_4123311009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan kontekstual untuk memperbaiki proses pembelajaran di Kelas VIII-1 SMP NASRANI 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Nasrani 1 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 38 orang. Objek penelitian adalah Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi SPLDV di Kelas VIII-1 SMP Nasrani 1 Medan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 28 orang siswa (73,68%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah minimal sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 19,81. Pada siklus II diperoleh 33 orang siswa (86,84%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah minimal sedang (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 21,34. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 5 orang siswa (13,15%) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 1,53. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori sedang. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-1 SMP Nasrani 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 138
Keywords: Model Pembelajaran; Matematika; Sistem Linear dua Variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:50
Last Modified: 25 Oct 2016 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20859

Actions (login required)

View Item
View Item