Riati, Winda (2016) PENERAPANMODELPEMBELAJARANINKUIRIUNTUKMENINGKATKAN PENALARANMATEMATISSISWAPADAMATERISTATISTIKADI KELASXI-AGAMAMADRASAHALIYAHNEGERI(MAN) TANJUNGMORAWATAHUNAJARAN2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4121111030 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 NIM 4121111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3 NIM 4121111030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4 NIM 4121111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5 NIM 4121111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6 NIM 4121111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 4121111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM 4121111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9 NIM 4121111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13 NIM 4121111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14 NIM 4121111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa di kelas XI- AGAMA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjung
Morawa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiry, (2) Mendeskripsikan
kemampuan penalaran matematis siswa yang dicapai di kelas XI- AGAMA
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjung Morawa melalui model inkuiry, (3)
Mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan
penalaran matematis dengan penerapan model inkuiri di kelas XI-AGAMA
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjung Morawa.Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXAGAMA
MAN Tanjung Morawa T.A 2016/2017 yang berjumlah 25 orang.
Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa
dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiry pada materi statistika. Penelitian
terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis
data diperoleh hasil (1) Model Pembelajaran Inkuiry dapat meningkatkan
kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi statistika di kelas
XI-AGAMA. MAN Tanjung Morawa. Adapun langkah yang diperbaiki adalah
fase -3 merancang percobaan dan fase-6 membuat kesimpulan. (2) rata-rata nilai
tes penalaran matematika pada siklus I sebesar 68,75 dengan 75% dari jumlah
siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat penalaran minimal kategori baik
kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 86 dengan 84% dari jumlah
siswa memiliki tingkat penalaran minimal kategori baik. (3) Proses jawaban siswa
terkait penalaran matematis dengan menerapkan model pembelajaran inkuiry
adalah baik. Hal ini diperoleh dari hasil tes penalaran matematis pada siklus II
sebesar 100% dari jumlah siswa mendapatkan nilai rata-rata dalam kategori baik
dengan rentang nilai 60-100. Adapun hasil berdasarkan setiap indikator secara
lebih rinci dipaparkan sebagai berikut: 1) aspek menarik kesimpulan matematika,
persentase siswa yang mendapat skor 3 dan 4 sebesar 92%, aspek mengajukan
dugaan matematika, persentase siswa yang mendapat skor 3 dan 4 sebesar 92%, 3)
aspek menemukan pola/sifat matematika, persentase siswa yang mendapat skor 3
dan 4 sebesar 88%, 4) aspek memeriksa kesahihan argument matematika,
persentase siswa yang mendapata skor 3 dan 4 sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 180 |
Keywords: | Penalaran Matematis; Model Pembelajaran Inkuiry; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 08:03 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20824 |