Lubis, Rahmadan (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALDEHID DAN KETON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122131012 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4122131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM 4122131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4122131012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 4122131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 41221311012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4122131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4122131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4122131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM 4122131012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4122131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah pada materi aldehid dan keton, bertujuan untuk; 1) memperoleh bahan ajar berbasis masalah pada materi Aldehid dan Keton yang telah memenuhi kriteria kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikaan standar BSNP; 2) mengetahui respon dosen dan guru terhadap bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang telah dimodifikasi seseuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu; (1) analisis materi dengan mereview buku-buku berdasarkan angket; (2) pembuatan draft bahan ajar; (3) standarisasi bahan ajar dengan penilaian responden (dosen kimia FMIPA UNIMED dan Guru Kimia); (4) revisi/perbaikan. Penelitian ini melibatkan dua dosen dan lima guru kimia. Instrumen yang digunakan untuk mereview buku kimia SMA dan bahan ajar yang disusun menggunakan standar BSNP. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah; 1) hasil review buku kimia SMA oleh guru menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan masih dalam kategori valid sehingga perlu ditingkatkan menjadi kategori sangat valid; 2) hasil review bahan ajar oleh dosen dan guru menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan kategori sangat valid. Tanggapan responden baik guru maupun dosen terhadap bahan ajar berbasis masalah positif dengan nilai 88,90% yang berarti bahan ajar sangat valid, tidak perlu direvisi dan layak digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 133 |
Keywords: | Bahan Ajar Berbasis Masalah; Kelayakan BSNP; Standarisasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20804 |