PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALDEHID DAN KETON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Lubis, Rahmadan (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALDEHID DAN KETON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122131012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122131012 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122131012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122131012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122131012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122131012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122131012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122131012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 41221311012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 41221311012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122131012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122131012 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122131012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122131012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122131012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122131012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4122131012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4122131012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122131012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah pada materi aldehid dan keton, bertujuan untuk; 1) memperoleh bahan ajar berbasis masalah pada materi Aldehid dan Keton yang telah memenuhi kriteria kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikaan standar BSNP; 2) mengetahui respon dosen dan guru terhadap bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang telah dimodifikasi seseuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu; (1) analisis materi dengan mereview buku-buku berdasarkan angket; (2) pembuatan draft bahan ajar; (3) standarisasi bahan ajar dengan penilaian responden (dosen kimia FMIPA UNIMED dan Guru Kimia); (4) revisi/perbaikan. Penelitian ini melibatkan dua dosen dan lima guru kimia. Instrumen yang digunakan untuk mereview buku kimia SMA dan bahan ajar yang disusun menggunakan standar BSNP. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah; 1) hasil review buku kimia SMA oleh guru menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan masih dalam kategori valid sehingga perlu ditingkatkan menjadi kategori sangat valid; 2) hasil review bahan ajar oleh dosen dan guru menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan kategori sangat valid. Tanggapan responden baik guru maupun dosen terhadap bahan ajar berbasis masalah positif dengan nilai 88,90% yang berarti bahan ajar sangat valid, tidak perlu direvisi dan layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 133
Keywords: Bahan Ajar Berbasis Masalah; Kelayakan BSNP; Standarisasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:34
Last Modified: 24 Oct 2016 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

View Item
View Item