Renartika, Dyah Tri (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131024 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM 4123131024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3 NIM 4123131024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5 NIM 4123131024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
6 NIM 4123131024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7 NIM 4123131024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8 NIM 4123131024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9 NIM 4123131024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
10 NIM 4123131024 NIM 4123131024 BAB I.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14 NIM 4123131024 NIM 4123131024 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
15 NIM 4123131024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4 NIM 4123131024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul pembelajaran IPA
berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makanan berdasarkan
standar yang ditetapkan, (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran IPA
berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makananyang
dikembangkan, dan (3) mengetahui respon dari siswa terhadap modul
pembelajaran IPA berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam
makanan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D), dilakukan di SMP Cerdas Murni dan MTsAl-Jam’iyatul
Washliyah Tembung. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian
kelayakan modul berdasarkan BSNP, angket komponen learning cycle 5E dalam
modul pembelajaran IPA, dan angket tanggapan siswa terhadap rancangan modul.
Modul pembelajaran IPA dikembangkan dengan menggunakan strategi
pembelajaran learning cycle 5E yang terdiri dari lima tahap yaitu (1)
pembangkitan minat (engagement), (2) eksplorasi (exploration), (3) penjelasan
(explantion), (4) elaborasi (elaboration), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan
menurut BSNP karena telah divalidasi dan memperoleh rata-rata skor kelayakan
isi 3,55, kelayakan bahasa 3,63, kelayakan penyajian 3,60, dan kelayakan
kegrafikaan 3,72. Sedangkan respon siswa terhadap modul pembelajaran IPA
berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makanan yang telah
dikembangkan mendapatkan skor 3,54.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 124 |
Keywords: | Pengembangan; Modul IPA; learning Cycle 5E, Zat aditif dalam makanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20802 |