PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOALDAN MACROMEDIA FLASH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI HIDROKARBON

Lubis, Sartika (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOALDAN MACROMEDIA FLASH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4122131019 SAMPUL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4122131019 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122131019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122131019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4122131019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4122131019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4122131019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4122131019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4122131019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4122131019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4122131019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4122131019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4122131019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4122131019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4122131019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4122131019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4122131019 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4122131019 BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4122131019 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4122131019 BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4122131019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4122131019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122131019 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122131019 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan media kartu soal dan macromedia flash melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X yang terdiri dari empat kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak (random sampling), dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media macromedia flash dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media kartu soal. Analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flash dibandingkan menggunakan media kartu soal pada materi hidrokarbon. Hal ini dilihat dari harga thitung > ttabel (1,752 > 1,672).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 174
Keywords: Hasil Belajar; Media Macromedia Flash; Media Kartu Soal; Model Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:09
Last Modified: 24 Oct 2016 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item
View Item