Simanjuntak, Daniel Jayaputra. (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 1 SILAEN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131008 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM 4123131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
3. NIM 4123131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5. NIM 4123131008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
6. NIM 4123131008 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7. NIM 4123131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
8. NIM 4123131008 APPENDICES .pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM 4123131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4123131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Truth and Dare (T&D) terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri 1 Silaen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silaen yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas siswa kelas X SMA N-1 Silaen, dimana kelas X-3 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran menggunakan media T&D, dan X-2 sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan random sampling. Tahapan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menyusun dan memvalidasi instrumen tes berupa pilihan berganda; (2) menyusun perangkat pembelajaran; (3) melakukan tes kemampuan awal (pretest); (4) melakukan kegiatan pembelajaran; (5) melakukan tes akhir (postest); dan (5) menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel telah memenuhi kriteria normalitas (x2hitung / 10,5638 < x2tabel / 11,07) dan homogenitas (Fhitung / 1,062461 < Ftabel / 1,86081144). Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,17±6,78 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 75,5±6,99. Uji hipotesis dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung 3,75 lebih besar dari ttabel 1,68, artinya hipotesis Ha diterima. Dengan demikian bahwa media pembelajaran T&D berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM KIM |
Keywords: | Hasil Belaajr; Sistem Periodik Sistem; Media Permainan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 01:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20793 |