Hutahaean, Nirya Finetri (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131065 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123131065 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
4. NIM 4123131065 ABSTACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 4123131065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM 4123131065 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
7. NIM 4123131065 TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 4123131065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 4123131065 APPEDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10. NIM 4123131065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
14. NIM 4123131065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
15. NIM 4123131065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 4123131065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan model kooperatif yang berguna untuk
mengembangkan interaksi yang baik antar siswa dan untuk menghindari
ketersinggungan serta kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangun
Purba yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil 2 kelas pararel untuk ditetapkan
sebagai Kelas Eksperimen 1 dengan perlakuan model Investigasi Kelompok dan
Kelas Eksperimen II dengan perlakuan model kooperatif tipe STAD dan jumlah
siswa pada masing-masing kelas sebanyak 23 orang. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks
kelas X dan 2) mengetahui perbedaan sikap kerjasama siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu instrument test (berupa 20 butir soal pilihan berganda) dan
instrument non-test (berupa lembar observasi kerjasama siswa). Tekhnik analisis
data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil
uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kedua
kelas berdistribusi normal dan homogen sehingga diperoleh hasil penelitian yang
menunjukkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 73,26
dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 65,22 dengan nilai thitung=
2,23 dan ttabel= 2,02 (2) nilai rata-rata kerjasama siswa kelas eksperimen I sebesar
81,67 dan nilai rata-rata kerjasama siswa kelas eksperimen II sebesar 73,91
dengan nilai thitung= 2,67 dan ttabel= 2,02. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat diketahui bahwa nilai thitung › dari ttabel dalam hal hasil belajar dan kerjasama
siswa (Ha diterima dan Ho ditolak), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa dari kedua kelas
sampel pada materi reaksi redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 213 |
Keywords: | Investigasi Kelompok; Hasil Belajar; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 09:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20780 |