Sariani, Irma (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF STAD DAN TAI DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121131008 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 4121131008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 4121131008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 4121131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM 4121131008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4121131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM 4121131008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 4121131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 4121131008 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13. NIM 4121131008 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4121131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran model Kooperatif STAD dan TAI. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batang Kuis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive yaitu kelas eksperimen 1 yang menerapkan Pembelajaran Model Kooperatif STAD dan kelas eksperimen 2 yang menerapkan Pembelajaran Model Kooperatif TAI yang masing-masing kelas dilengkapi dengan media Macromedia Flash. Data peningkatan hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan reliabelitas. Hasil uji reliabilitas diperoleh rtabel (0,05) = 0,304 dan r11 = 0,727 yang berarti tes yang disajikan reliable. Data peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji t-pihak kanan . Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas daya yang menggunakan uji chi kuadrat diperoleh data pada peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 X2hitung < Xtabel yakni 1,98 < 11,07 dan kelas eksperimen 2 X2hitung < Xtabel yakni 9,77 < 11,07 maka kedua data kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 berdistribusi normal serta uji homogenitas data diperoleh Fhitung < Ftabel yakni 1,68 < 1,83 maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 dan db = 31. Hasil analisis data peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung = 3,99 > ttabel = 1,670 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2. Persen peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 sebesar 75% lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 58%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 196 |
Keywords: | Model Kooperatif STAD; Macromedia Flash; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20761 |