Wijaya, Khaidir (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL P R O B L E M B A S E D LEARNING DENGAN K O O P E R A T I F T I P E STAD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) NIM. 4121131010 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
(2) NIM. 4121131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
(4) NIM. 4121131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
(5) NIM. 4121131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
(6) NIM. 4121131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
(7) NIM. 4121131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
(8) NIM. 4121131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
(9) NIM. 4121131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
(10) NIM. 4121131010 BAB I .pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
(14) NIM. 4121131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
(15) NIM. 4121131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based
learning dan kooperatif tipe student teams achivement division pada pokok
bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan
XI IPA 2 dengan jumlah total siswa setiap kelasnya sebanyak 72 orang. Dua kelas
ini dibagi menjadi kelas I dan kelas II. Kelas pertama dijadikan sebagai kelas
eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dan
kelas kedua dijadikan sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan
menggunakan model kooperatif tipe STAD. Masing - masing kelas terdiri atas 36
orang siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes
yang valid sebanyak 22 soal dan dinyatakan reliabel = 0,694. Hasil penelitian
menunjukkan, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar
28,89; dan rata-rata nilai postest adalah 83,61 sedangkan untuk kelas eksperimen
II diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 35,56 dan rata-rata nilai postest adalah
80,42. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar siswa kedua kelompok
sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok
sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji t-test uji dua pihak. Hasil uji t data hasil belajar siswa diperoleh
thitung = 2,019 sedangkan ttabel = 1,668 untuk α = 0.05 dan db = 70 sehingga rhitung
> rtabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada
perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pada materi
hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 217 |
Keywords: | Problem Based Learning; Student Teams Achievement Division;Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 04:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20754 |