Adil, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121131014 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4121131014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM 4121131014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM 4121131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4121131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM 4121131014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 4121131014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4121131014 Daftar LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10. NIM 4121131014 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 4121131014 BAB V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
15. NIM 4121131014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
3. NIM 4121131014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada pokok bahasan asam
karboksilat dan ester bertujuan untuk 1) memperoleh bahan ajar yang telah
disusun pada materi asam karboksilat dan ester yang sudah memenuhi kriteria
kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan
menurut BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), dan 2) mengetahui
tanggapan dari dosen dan guru mengenai bahan ajar berbasis masalah. Jenis
penelitian ini adalah peneilitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini
meliputi empat tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) pengembangan
bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar meliputi standarisasi berdasarkan penilaian
BSNP dan penilaian masalah, dan (4) revisi bahan ajar. Penelitian ini melibatkan
2 dosen dari jurusan kimia dan 3 guru dari SMA Negeri 7 Medan dan SMA YPK
Medan sebagai validator ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian
kelayakan berdasarkan BSNP dan angket penilaian masalah yang telah
dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1)
penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP valid dan tidak perlu direvisi
dengan kelayakan isi sebesar 3,6; kelayakan bahasa sebesar 3,7; kelayakan
penyajian sebesar 3,6; kelayakan kegrafikan sebesar 3,6; dengan nilai rata-rata
keseluruhan sebesar 3,65. 2) tanggapan dosen dan guru mengenai modul berbasis
masalah adalah positif dan layak digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 172 |
Keywords: | Pengembangan Modul; Model Pembelajaran; Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 02:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20742 |