Silalahi, Novia Fransisca Dewi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131067 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4123131067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM 4123131067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 4123131067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM 4123131067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4123131067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4123131067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4123131067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4123131067 BAB I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM 4123131067 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM 4123131067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM 4123131067 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation dengan menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 14 Medan tahun ajaran 2015/2016. Sampel kelas diambil secara teknik random yakni 2 kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 20 siswa. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas sebesar 0,608. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,608 > 0,339, maka instrumen tersebut reliabel. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 42,60 ± 5,88 dan posttest adalah 81,70 ± 7,40. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 44,35 ± 5,86 dan posttest 76,30 ± 4,95. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji anava diperoleh Fhitung sebesar 6,56 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,10 pada taraf nyata α = 0,05. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation dengan menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 179 |
Keywords: | Group Investigation; Macromedia flash; Reaksi Reduksi Oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 02:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20738 |