Sirait, Helen Soraya (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PENGAJARAN SENYAWA HETEROSIKLIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131040 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123131040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 4123131040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 4123131040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 4123131040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM 4123131040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4123131040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4123131040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4123131040 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM 4123131040 BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
15. NIM 4123131040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 4123131040 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar kimia inovatif dan interaktif berbasis web pada pengajaran senyawa heterosiklik dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan dengan mengisi angket penilaian bahan ajar kimia inovatif berdasarkan standar kelayakan BSNP oleh tiga dosen kimia organik dan tiga puluh mahasiswa jurusan kimia Unimed.
Dalam pengembangan bahan ajar kimia inovatif dan interaktif ini, langkah awal yang dilakukan adalah peninjauan buku kimia organik universitas yang memiliki materi senyawa heterosiklik. Peninjauan buku kimia organik ini menjadi referensi dalam penyusunan usulan urutan materi yang sesuai dengan silabus kimia organik. Usulan urutan materi yang divalidasi dosen akan menghasilkan urutan materi yang dikembangkan. Buku kimia organik dianalisis sebanyak enam buah kemudian dilakukan pengembangan bahan ajar kimia inovatif yang diintegrasikan dengan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi serta membuatnya dalam electronic book (e-book). Kemudian membuat dan mendesain web dan mengupload bahan ajar kedalam website yang telah dibuat. Alamat website yang didesain adalah heterosiklik.honor.es. Kemudian bahan ajar distandarisasi oleh tiga dosen kimia organik dan tiga puluh mahasiswa kimia untuk mengetahui apakah bahan ajar valid atau tidak valid. Berdasarkan penilaian yang diperoleh dari penelitian, nilai yang diperoleh berada pada rentang 3,26 – 4,00 yaitu 3,47 yang berarti bahan ajar valid dan tidak perlu dilakukan revisi. Dengan melihat hasil dari penelitian, maka bahan ajar kimia inovatif dan interaktif berbasis web ini layak digunakan baik dosen maupun mahasiswa yang mempelajari kimia organik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 169 |
Keywords: | Pembelajaran Iovatif; Medel Pembelajaran; Senyawa Heterisiklik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:30 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20735 |