Nainggolan, Dian P O (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131016 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4123131016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 4123131016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5. NIM 4123131016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM 4123131016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM 4123131016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4123131016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4123131016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM 4123131016 BAB I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM 4123131016 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
15. NIM 4123131016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4123131016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bangun Purba. Dalam penelitian ini populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi dan dibagi menjadi dua yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan Pembelajaran Langsung yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa test pilihan berganda yang telah divalidasi sebanyak 20 soal dengan lima option dan telah reliabel. Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai reliabilitas 0,79. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,79 > 0,36 maka instrumen tersebut reliabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji anava. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 31,33±4,85 dan nilai rata-rata posttest adalah 84,33±8,62 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol pretest sebesar 35,50±6,34 dan nilai rata-rata posttest 78,50±6,45. Hasil uji anava diperoleh Fhitung = 12,62 dan Ftabel = 4,01, pada taraf nyata 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 177 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20733 |