Ningsih, Fani Lestari (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331011 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2 NIM 4123331011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4 NIM 4123331011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5 NIM 4123331011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 NIM 412331011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7 NIM 4123331011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8 NIM 4123331011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4123331011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10 NIM 4123331011 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14 NIM 4123331011 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15 NIM 4123331011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3 NIM 4123331011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan Media Powerpoint
terhadap hasil belajar siswa, dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran direct instruction pada materi stoikiometri. Populasi dalam
penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Pura.
Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal yang valid
dengan reabilitas sebesar 0,693 kategori sedang . Pengambilan sampel penelitian
ini diambil secara random yang terdiri dari kelas eksperimen pada kelas X MIA 4
dan kelas kontrol pada kelas X MIA 3. Pada kelas ekperimen diberi model
pembelajaran Learning Cycle dengan Media Powerpoint dan pada kelas kontrol
diberi model pembelajaran direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,88 dengan gain
peningkatan hasil belajar sebesar 0,71 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol
sebesar 75,97 dengan gain peningkatan hasil belajar sebesar 0,65. Berdasarkan
hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan
bahwa (1) hasil belajar siswa yang di belajarkan dengan dengan model
pembelajaran Learning Cycle dengan Media Powerpoint lebih tinggi
dibandingkan model pembelajaran direct instruction, (2) kerjasama siswa yang
dibelajarkan dengan Learning Cycle dengan Media Powerpoint lebih baik
dibandingkan model pembelajaran direct instruction, (3) ada hubungan antara
hasil belajar dengan kerjasama siswa. Berdasarkan perhitungan korelasi hasil
belajar siswa dengan kerjasama siswa memberikan hasil yang positif. Hal ini
dapat dilihat dari nilai rhitung >rtabel pada = 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai
peningkatan hasil belajar siswa yang tinggi, dan nilai kerjasama yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 207 |
Keywords: | Learning Cycle;Direct Intruction; Powerpoint |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:47 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20708 |