Hasibuan, Ivan S. (2016) ANALISIS HUBUNGAN PEMAHAMAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 OLEH GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI YANG MENERAPKAN KURIKULUM 2013 SE-KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141045 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 4123141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM. 4123141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 4123141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 4123141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 4123141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 4123141045 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 4123141045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 4123141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 4123141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 4123141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman dengan
pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 oleh guru biologi di sma Negeri yang
menerapkan Kurikulum 2013 se-Kabupaten Serdang Bedagai tahun pelajaran
2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang mengajar
di SMA Negeri yang menerapkan Kurikulum 2013 se-Kabupaten Serdang Bedagai
yang terdiri dari 11 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan cara total sampling
dan semua populasi menjadi sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa angket yang telah di validasi terlebih dahulu kepada validator. Hasil penelitian
menunjukkan Pemahaman guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran
Kurikulum 2013 adalah sebesar 85%, dan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013
adalah sebesar 90%. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa > (5,96 > 1,83).
Uji-t ini menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan
antara pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 oleh guru biologi
di SMA Negeri yang menerapkan Kurikulum 2013 se-Kabupaten Serdang Bedagai
T.P. 2015/2016 dengan besar koefisien korelasi sebesar 0.78 dengan besar kontribusi
sebesar 61%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 171 |
Keywords: | Guru; Kurikulum 2013; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20690 |