Hasugian, Jesaya Karyelhas (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA N 1 SEI BAMBAN KAB. SERDANG BEDAGAI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341019 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4123341019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. NIM. 4123341`019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. NIM. 4123341019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 4123341019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 4123341019 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4123341019 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
8. NIM. 4123341019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
9. NIM. 4123341019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 412341019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4123341019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai T.P.2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas X2 dan kelas X3 yang diambil dengan teknik purposif sampling karena terdapat kelas unggulan, dimana kelas X2 diajar menggunakan Numbered Heads Together sedangkan kelas X3 diajar menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal dari 50 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk data kuantitatif (hasil belajar). Untuk data hasil belajar mengikuti syarat uji parametrik dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas Numbered Heads Together adalah 78,67 dengan standart deviasi sebesar 7,53 sedangkan kelas Cooperative Integrated Reading and Composition adalah 71,56 dengan standart deviasi sebesar 7,08. Sehingga terdapat perbedaan dari kedua model pembelajaran tersebut sebesar 7,11. Dari hasil uji t(t < -t ½ α dan t > t ½ α ) diperoleh thit > ttab (4,12 < 1,997), yang berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 184 |
Keywords: | Numbered Heads Together; Cooperative Integrated Reading and Composition;Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20689 |