Kusuma, Citra Rezki (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X IPA MAN PEMATANGSIANTAR T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122141022 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4122141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. NIM 4122141022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 4122141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 4122141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 4122141022 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM 4122141022 TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM 4122141022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 4122141022 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM 4122141022 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4122141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana mengetahui penerapan LKS
dengan pendekatan saintifik di kelas X IPA MAN Pematangsiantar. Penelitian ini
juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif dan kemampuan
psikomotorik (penilaian produk) pada pembelajaran biologi berbasis LKS dengan
pendekatan saintifik. Instrumen soal diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan
pembelajaran. Selain itu, untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa
(penilaian produk) digunakan rubrik penilaian produk. Teknik analisis data
menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan menghitung nilai rata-rata untuk
mengukur kemampuan kognitif, sedangkan untuk mengukur kemampuan
psikomotorik (penilaian produk) digunakan penilaian berdasarkan rubrik. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan LKS dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar
siswa (kemampuan kognitif) dan kemampuan psikomotorik (penilaian produk)
pada siswa kelas X IPA 2 MAN Pematangsiantar T.P. 2016/2017. Hal ini terlihat
dari perubahan nilai kognitif siswa pada saat pretes dan postes dengan kategori
cukup baik. Pada saat pretes, nilai rata-rata siswa adalah 51,7 sedangkan setelah
diberi pembelajaran kemudian dilaksanakan postes, nilai rata-rata postes siswa
meningkat menjadi 70. Perubahan bukan hanya terjadi pada kemampuan kognitif
siswa saja, namun kemampuan psikomotorik (penilaian produk) siswa juga
terlihat baik dengan nilai rata-rata 83.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 157 |
Keywords: | Implementasi; Saintifik; Kognitif; Produk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:00 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20686 |