Meliala, Desi Natalia (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT TEAMS ACVIEVEMENT DIVISION (STAD) PADAMATERI SISTEM IMUNITAS PADA MANUSIA DI SMA NEGERI 1 DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341011 COVER.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2. NIM. 4123341011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 4123341011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4123341011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 4123341011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM. 4123341011 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4123341011 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4123341011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 4123341011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM. 4123341011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4123341011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan STAD pada materi Sistem Imunitas Pada Manusia di SMA Negeri 1 Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Delitua terdiri atas 5 kelas yang berjumlah 155 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dimana diambil dua kelas yaitu XI IPA-4 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw sedangkan kelas XI IPA-3 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif berjumlah 30 soal. Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis data kedua kelas, sampel dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata sebesar 83,04, artinya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang memperoleh rata-rata sebesar 77,87. Adanya perbedaan tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (4,98 > 2,00) yang berarti pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Sistem Imunitas Pada Manusia di SMA Negeri 1 Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 189 |
Keywords: | Hasil Belajar;STAD; Imunitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 03:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20678 |