Azhar, Annisa Fadhilah (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141005_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4123141005_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3. NIM. 4123141005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
4. NIM. 4123141005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4123141005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 4123141005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4123141005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4123141005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 4123141005_BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM. 4123141005_BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 4123141005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Eria Medan ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan kemampuan proses sains
siswa menggunakan metode Student Created Case Studies disertai video dengan
media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Eria Medan yaitu
sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 290 orang. Sampel penelitian diambil dua
kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas video (X-4)
dan kelas gambar (X-5) masing-masing sebanyak 33 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektifitas yaitu untuk
soal postest sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan
reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan
homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan
homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan
diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil
penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang diajarkan menggunakan
metode Student Created Case Studies disertai video dengan media gambar dengan
hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,79>1,997 pada taraf =
0,05. Hasil belajar siswa kelas video diperoleh rata-rata postest sebesar 73,5.
Sedangkan hasil beajar siswa kelas gambar rata-rata postest sebesar 66,1. Adapun
hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan proses sains yang diajarkan
menggunakan metode Student Created Case Studies disertai video dengan media
gambar dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,04>1,997
pada taraf = 0,05. Kemampuan proses sains siswa kelas video diperoleh ratarata
postest sebesar 79,8. Sedangkan hasil beajar siswa kelas Gambar rata-rata
postest sebesar 74,4
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 139 |
Keywords: | Metode Student Created Case Study; Hasil Belajar; Kemampuan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 01:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20664 |