Saragih, Naya Elita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141016 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4121141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 4121141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4121141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 4121141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 4121141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 4121141016 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 4121141016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM. 4121141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 4121141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4121141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project
Based Learning) terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada
materi Ekosistem di kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas model Project Based
Learning (PjBL) berjumlah 36 orang sedangkan kelas kontrol berjumlah 37 orang.
Hasil analisa data diperoleh: (1) nilai postes hasil belajar dengan menggunakan
model Project Based Learning (PjBL) dimana harga thitung sebesar -0,79
dibandingkan dengan harga ttabel dengan uji dua pihak dimana dk = n1 + n2 - 2 = 70
untuk kesalahan 5% diperoleh harga ttabel sebesar 2,000. Dengan demikian thitung <
ttabel (-0,79 < 2,000) sehingga Ho diterima berarti tidak ada pengaruh model
Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di kelas X Semester 2
SMA Negeri 1 Bintang Bayu., (2) nilai postes keterampilan proses sains siswa
dengan menggunakan model PjBL dimana harga thitung sebesar 0,63 dibandingkan
dengan harga ttabel dengan uji dua pihak dimana dk = n1 + n2 - 2 = 70 untuk
kesalahan 5% diperoleh harga ttabel sebesar 2,000. Dengan demikian thitung < ttabel
(0,63 < 2,000) sehingga Ho diterima berarti tidak ada pengaruh model Project
Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas X
Semester 2 SMA Negeri 1 Bintang Bayu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 138 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:26 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20659 |