Surya, Dimas Nuari (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE PADA SUB MATERI POKOK KINGDOM ANIMALIA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 4123141023 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 4123141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
NIM 4123141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
NIM 4123141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM 4123141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
NIM 4123141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM 4123141023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
NIM 4123141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM 4123141023 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
NIM 4123141023 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
NIM 4123141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match
dengan Think Pair Share pada sub materi pokok Kingdom Animalia kelas X SMA
Negeri 11 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana
populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari sepuluh kelas dengan
jumlah siswa 398 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random
(random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X9 sebagai kelas Make
a Match dan X10 sebagai kelas Think Pair Share. Kelas Make a Match berjumlah
39 siswa dan Think Pair Share 39 siswa sehingga sampel berjumlah 78 siswa.
Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal kognitif
yang digunakan berupa soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar kelas Make a
Match sebesar 80,21 dengan standard deviasi 8,36 lebih tingggi dibanding kelas
Think Pair Share sebesar 76,31 dengan standar deviasi 7,81 dengan perbandingan
rata-rata Make a Match : Think Pair Share = 1,1 : 1. Pengujian hipotesis yang
dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung = 2,131 dan ttabel = 1,991 pada
taraf signifikan (α = 0,05) dengan db = n1 + n2 2 = 76. H0 diterima jika thitung
lebih kecil daripada Ha. Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak H0
dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a
Match dengan Think Pair Share pada sub materi pokok Kingdom Animalia Kelas
X SMA Negeri 11 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 132 |
Keywords: | Model Make a Match; Think Pair Share; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 09:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20656 |