PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE PADA SUB MATERI POKOK KINGDOM ANIMALIA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Surya, Dimas Nuari (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE PADA SUB MATERI POKOK KINGDOM ANIMALIA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 4123141023 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 TABLES.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4123141023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM 4123141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match
dengan Think Pair Share pada sub materi pokok Kingdom Animalia kelas X SMA
Negeri 11 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana
populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari sepuluh kelas dengan
jumlah siswa 398 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random
(random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X9 sebagai kelas Make
a Match dan X10 sebagai kelas Think Pair Share. Kelas Make a Match berjumlah
39 siswa dan Think Pair Share 39 siswa sehingga sampel berjumlah 78 siswa.
Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal kognitif
yang digunakan berupa soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar kelas Make a
Match sebesar 80,21 dengan standard deviasi 8,36 lebih tingggi dibanding kelas
Think Pair Share sebesar 76,31 dengan standar deviasi 7,81 dengan perbandingan
rata-rata Make a Match : Think Pair Share = 1,1 : 1. Pengujian hipotesis yang
dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung = 2,131 dan ttabel = 1,991 pada
taraf signifikan (α = 0,05) dengan db = n1 + n2  2 = 76. H0 diterima jika thitung
lebih kecil daripada Ha. Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak H0
dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a
Match dengan Think Pair Share pada sub materi pokok Kingdom Animalia Kelas
X SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 132
Keywords: Model Make a Match; Think Pair Share; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 09:12
Last Modified: 18 Oct 2016 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20656

Actions (login required)

View Item
View Item