ANALISIS KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM SARAF DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Saragih, Sri Winanda (2016) ANALISIS KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM SARAF DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123341049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123341049 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123341049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123341049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123341049 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123341049 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123341049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123341049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123341049 TABLE OF COUNTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123341049 TABLE OF COUNTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123341049 ILUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123341049 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123341049 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123341049 TABLES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123341049 APPENDIXS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123341049 APPENDIXS.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123341049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123341049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123341049 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123341049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123341049  BILBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123341049 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kognitif siswa dalam
mempelajari materi pokok sistem saraf dari aspek kemampuan kognitif, indikator
pembelajaran dan kesulitan belajar siswa dari faktor-faktor penyebab kesulitan
belajar di kelas XI SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 138 orang. Sampel
diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XI- dan XI- yang
berjumlah 64 orang siswa di SMA Negeri 3 Sibolga. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi sistem saraf dan non tes
berupa angket kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase kesulitan belajar kognitif siswa pada aspek kognitif dari C1 sampai C4
berada dalam kategori kesulitan tinggi, dimana tingkat pengetahuan (C1) 43,75%,
tingkat pemahaman (C2) 45,31%, tingkat penerapan (C3) 45,51%, tingkat analisis
(C4) 43,36%, sedangkan C5 sampai C6 berada dalam kategori kesulitan sangat
tinggi, dimana tingkat evaluasi (C5) 49,33% dan tingkat kreasi (C6) 46,88.
Persentase kesulitan belajar kognitif siswa berdasarkan indikator pada materi
sistem saraf indikator 1 dan 2 berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi,
dimana pada indikator (1) 48,25% dan indikator (2) 51,57%, sedangkan pada
indikator 3 dan 4 berada dalam kategori kesulitan tinggi, dimana pada indikator
(3) 41,29% dan indikator (4) 42,58%. Faktor-faktor kesulitan belajar siswa yang
mendukung adalah intelegensi, motivasi, media sedangkan faktor lainnya seperti
kesehatan, minat, psikiatik, lingkungan kelu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 191
Keywords: kesulitan belajar; sistem saraf; faktor kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:19
Last Modified: 18 Oct 2016 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item
View Item