Saragih, Sri Winanda (2016) ANALISIS KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM SARAF DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341049 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4123341049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM 4123341049 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM 4123341049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 4123341049 TABLE OF COUNTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4123341049 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM 4123341049 TABLES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 4123341049 APPENDIXS.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 4123341049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM 4123341049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM 4123341049 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kognitif siswa dalam
mempelajari materi pokok sistem saraf dari aspek kemampuan kognitif, indikator
pembelajaran dan kesulitan belajar siswa dari faktor-faktor penyebab kesulitan
belajar di kelas XI SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 138 orang. Sampel
diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XI- dan XI- yang
berjumlah 64 orang siswa di SMA Negeri 3 Sibolga. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi sistem saraf dan non tes
berupa angket kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase kesulitan belajar kognitif siswa pada aspek kognitif dari C1 sampai C4
berada dalam kategori kesulitan tinggi, dimana tingkat pengetahuan (C1) 43,75%,
tingkat pemahaman (C2) 45,31%, tingkat penerapan (C3) 45,51%, tingkat analisis
(C4) 43,36%, sedangkan C5 sampai C6 berada dalam kategori kesulitan sangat
tinggi, dimana tingkat evaluasi (C5) 49,33% dan tingkat kreasi (C6) 46,88.
Persentase kesulitan belajar kognitif siswa berdasarkan indikator pada materi
sistem saraf indikator 1 dan 2 berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi,
dimana pada indikator (1) 48,25% dan indikator (2) 51,57%, sedangkan pada
indikator 3 dan 4 berada dalam kategori kesulitan tinggi, dimana pada indikator
(3) 41,29% dan indikator (4) 42,58%. Faktor-faktor kesulitan belajar siswa yang
mendukung adalah intelegensi, motivasi, media sedangkan faktor lainnya seperti
kesehatan, minat, psikiatik, lingkungan kelu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 191 |
Keywords: | kesulitan belajar; sistem saraf; faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 07:19 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20636 |