PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013

Hutasoit, Elisabeth and Siagian, Henok (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013. Jurnal INPAFI, 01 (03). pp. 347-355. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi termodinamika di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA N. 7 Medan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 160 siswa.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol, yang masing – masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar yang merupakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang telah memenuhi validitas isi. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan animasi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Untuk hasil belajar siswa, hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,782 >1,994 pada α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti bahwa Ha diterima,yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan animasi memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Jigsaw; Pembelajaran kooperatif; Animasi; Termodinamika; Model pembelajaran; Quasi eksperimen; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:52
Last Modified: 21 Oct 2016 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20618

Actions (login required)

View Item
View Item