Rambe, Afrina Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321002 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4123321002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM 4123321002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 4123321002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 4123321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 4123321002 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4123321002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM 4123321002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
10. NIM 4123321002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
14. NIM 4123321002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM 4123321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 4123321002 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 4 Kisaran yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan XI-IPA3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes kemampuan berpikir kritis yakni tes uraian yang terdiri dari 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalur.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 86,48 dan kelas kontrol 81,63. Hasil penelitian diperoleh αhitung<αtabel = 0,012<0,05. Dengan demikian, adanya pengaruh yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran Inquiry Training lebih baik dari pada kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan pembelajaran Konvensional pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 122 |
Keywords: | Inquiry Training; Kemampuan Berpikir Kritis;Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:02 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20593 |