Sinulingga, Afyka Sari (2016) PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNINGMENGGUNAKAN PETA PIKIRAN(MIND MAP)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERIFLUIDA DINAMISDI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM(4122121002)_COVER.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM (4122121002) APPROVAL SHEET.PDF - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM (4122121002) CURRICULUM VITAE .PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM (4122121002) ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM (4122121002) PREFACE .PDF - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM (4122121002) TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM (4122121002) ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM (4122121002) TABLE.PDF - Published Version
Download (189kB) | Preview
10. NIM (4122121002) CAHPTER I.PDF - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. NIM (4122121002) CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
15. NIM (4122121002) BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh
yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
menggunakan teknik peta pikiran (Mind Map) pada materi pokok Fluida Dinamis
di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016.
Jenis penelitia adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari enam kelas paralel sebanyak 210 orang.
Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI MIA-1 sebagai kelas
kontrol dan XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen dan masing-masing kelas
berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal essay tes sebanyak 10
soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 40,48
dan kelas kontrol 42,58. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas
diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil
uji beda nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung= 0,71 dan ttabel = 2,0 karena
thitung<ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas
sampel sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan peta pikiran (Mind
Map) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran
selesai diberikan, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen
75,16 dan kelas kontrol 66,13. Pada pengujian normalitas dan homogenitas
diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari
hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung= 3,20 dan ttabel= 1,67 untuk =
0,05 dan dk = 60. Karenat hitung> ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada
pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning dengan menggunakan peta pikiran (Mind Map) pada materi Fluida
Dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 128 |
Keywords: | Problem Based Learning; Mind Map (Peta Pikiran); Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20582 |