Mori, Franchen (2016) P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N I N K U I R I TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 MUNTHE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4103321017 COVER .pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 4103321017 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM 4103321017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4.NIM 4103321017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM 4103321017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 4103321017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4103321017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 4103321017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM 4103321017 BAB I .pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4103321017 BAB V .pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM 4103321017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Peneliti bertujuan untuk menentukan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model
pembelajaran konvensional dan Inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis.Menentukan
pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi
Fluida Statis.Menentukan persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis.
Penelitian dilakukan di SMA N 1 Munte dengan populasi 102 siswa, dengan sampel 56 siswa
yang terdiri atas 2 kelas. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajari dengan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X-2 sebagai kelas control yang diajari dengan
model pembelajaran konvensional.Variabel bebasnya model pembelajaran dan terikat adalah
hasil belajar siswa pada materi fluida statis prosedur kerjanya dengan member pretes ,belajar
diakhiri dengan pemberian post tes dan diuji dengan ujinormalitas ,homogenitas dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan
model konvensional adalah 49,57.Hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis adalah 69,57.Hasil
penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi
pokok fluida statis dengan thitung> ttabel atau 5,95>2,0147 yang pada taraf signifikan α =
0,05.Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40,35% setelah diajar
dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis.Persentase
hasil belajar terhadap kkm mmengalami peningkatan sebesar 6,56%.Kendala yang sering
terjadi penggunaan waktu yang tidak efisien dan kurang fokusnya guru dalam mengawasi
,membimbing siswa serta pemberian aktivitas yang tidak merata . Model ini membutuhkan
konsentrasi yang bagus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 135 |
Keywords: | Fluida; Hukum Pascal; Hukum Archimedes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:16 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20579 |