P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N I N K U I R I TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 MUNTHE T.P 2014/2015

Mori, Franchen (2016) P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N I N K U I R I TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 MUNTHE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4103321017 COVER .pdf]
Preview
Text
1. NIM 4103321017 COVER .pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4103321017 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4103321017 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4103321017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4103321017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4103321017 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4103321017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4103321017 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4103321017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4103321017 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4103321017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4103321017 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4103321017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4103321017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4103321017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4103321017 BAB I .pdf]
Preview
Text
9. NIM 4103321017 BAB I .pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4103321017 BAB V .pdf]
Preview
Text
13. NIM 4103321017 BAB V .pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4103321017 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4103321017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Peneliti bertujuan untuk menentukan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model
pembelajaran konvensional dan Inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis.Menentukan
pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi
Fluida Statis.Menentukan persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis.
Penelitian dilakukan di SMA N 1 Munte dengan populasi 102 siswa, dengan sampel 56 siswa
yang terdiri atas 2 kelas. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajari dengan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X-2 sebagai kelas control yang diajari dengan
model pembelajaran konvensional.Variabel bebasnya model pembelajaran dan terikat adalah
hasil belajar siswa pada materi fluida statis prosedur kerjanya dengan member pretes ,belajar
diakhiri dengan pemberian post tes dan diuji dengan ujinormalitas ,homogenitas dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan
model konvensional adalah 49,57.Hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis adalah 69,57.Hasil
penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi
pokok fluida statis dengan thitung> ttabel atau 5,95>2,0147 yang pada taraf signifikan α =
0,05.Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40,35% setelah diajar
dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis.Persentase
hasil belajar terhadap kkm mmengalami peningkatan sebesar 6,56%.Kendala yang sering
terjadi penggunaan waktu yang tidak efisien dan kurang fokusnya guru dalam mengawasi
,membimbing siswa serta pemberian aktivitas yang tidak merata . Model ini membutuhkan
konsentrasi yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 135
Keywords: Fluida; Hukum Pascal; Hukum Archimedes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:16
Last Modified: 17 Oct 2016 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item
View Item