PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBEREDHEADS TOGETHERTERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADAMATERI POKOK LISTRIKDINAMISDIKELAS XSEMESTER IISMA NEGERI1PARANGINANT.P2015/2016

Siburian, Erisal (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBEREDHEADS TOGETHERTERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADAMATERI POKOK LISTRIKDINAMISDIKELAS XSEMESTER IISMA NEGERI1PARANGINANT.P2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121121010 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121121010 LEMBAR PENGESAHAN .pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121121010 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121121010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121121010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121121010 KATA PENGHANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121121010 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121121010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4121121010DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4121121010DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM 4121121010 DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
16. NIM 4121121010 DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4121121010 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4121121010 LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121121010 BAB I.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121121010 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4121121010 BAB V.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4121121010 BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4121121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4121121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121121010 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121121010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4121121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4121121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa
pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1
Paranginan T.P 2015/2016.
Jenis penilitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group
pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random
sampling dari populasi seluruh siswa kelas kelasX SMA Negeri 1 Paranginan
yang berjumlah 6 kelas diambil 2 kelas yaitu kelas X-A yang berjumlah 31 orang
sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B berjumlah 31 orang sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang
telah dinyatakan valid oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 33,12 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 27,74. Setelah
dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes
pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT) sebesar 71,40 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan
pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,30. Pada hasil
pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,73>2,00 pada taraf signifikansi α
= 0,05 dan dk = 60. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Paranginan T.P.
2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 120
Keywords: Kooperatif tipe Numbered Heads Together;Pembelajaran Konvensional; Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:09
Last Modified: 17 Oct 2016 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20565

Actions (login required)

View Item
View Item