Siburian, Erisal (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBEREDHEADS TOGETHERTERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADAMATERI POKOK LISTRIKDINAMISDIKELAS XSEMESTER IISMA NEGERI1PARANGINANT.P2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121010 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4121121010 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM 4121121010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
5. NIM 4121121010 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
13. NIM 4121121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
15. NIM 4121121010DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
16. NIM 4121121010 DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
12. NIM 4121121010 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. NIM 4121121010 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
10. NIM 4121121010 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
11. NIM 4121121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM 4121121010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
11. NIM 4121121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa
pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1
Paranginan T.P 2015/2016.
Jenis penilitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group
pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random
sampling dari populasi seluruh siswa kelas kelasX SMA Negeri 1 Paranginan
yang berjumlah 6 kelas diambil 2 kelas yaitu kelas X-A yang berjumlah 31 orang
sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B berjumlah 31 orang sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang
telah dinyatakan valid oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 33,12 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 27,74. Setelah
dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes
pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT) sebesar 71,40 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan
pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,30. Pada hasil
pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,73>2,00 pada taraf signifikansi α
= 0,05 dan dk = 60. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Paranginan T.P.
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 120 |
Keywords: | Kooperatif tipe Numbered Heads Together;Pembelajaran Konvensional; Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20565 |