Zebua, Taufan Selamat Sejahtera (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMPN 1 7 MEDAN T . P . 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121075_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4123121075_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 4123121075_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4123121075_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4123121075_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 4123121075_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123121075_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4123121075_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4123121075_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM. 4123121075_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4123121075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok
Tekanan di kelas VIII Semester II SMP Negeri 17 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel
penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random
sampling, yaitu kelas VIII-8 dengan menggunakan model pembelajaran inquiry
training sebanyak 31 orang dan kelas VIII-9 dengan pembelajaran konvensional
sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa berupa
tes keterampilan proses sains terdiri 10 item yang telah divalidkan.
Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 21,22
dan kelas kontrol 20,84. Hasil analisis data pretes menunjukkan bahwa sampel
berasal dari populasi yang berdistribusi normal, varians kedua sampel homogen,
dan kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan
perlakuan pada kedua kelas dimana kelas eksperimen dengan menggunakan
model inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol masing-masing 52,45 dan 48,19. Hasil analisis data postes
menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan
varians kedua sampel homogen. Hasil uji satu pihak diperoleh thitung = 1,96 dan
ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Melalui analisis uji satu pihak
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada
materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Medan T.P.
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 119 |
Keywords: | Model Inquiry training; Keterampilan Proses Sains; Tekanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:02 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20564 |