Sitompul, Novita Cristina (2016) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1, NIM 7123141098 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 7123141098 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
4. NIM 7123141098 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
3. NIM 7123141098 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5, NIM 7123141098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 7123141098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6. NIM 7123141098 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 7123141098 BAB I.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
12. NIM 7123141098 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM 7123141098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
14. NIM 7123141098 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pahae Jae jalan Sipirok-Sarulla Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae yang berjumlah 117 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara acak yaitu berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 20. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Pengaruh antara variabel kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda yaitu: Y = 48,526 + 0,475 X1 + 0,175 X2. Hasil pengujian determinasi menunjukkan nilai (R2) sebesar 44,9% mengindikasikan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yang menjelaskan variabilitas variabel dependen sebesar 44.9%. Sementara itu, sisanya sebesar 55,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini.
Untuk uji t variabel kondisi sosial ekonomi nilai thitung > ttabel yaitu 4,935 > 1,675 dan variabel motivasi nilai thitung > ttabel yaitu 1,839 > 1,675 yang berarti hipotesis diterima. Hipotesis menunjukkan nilai Fhitung > ftabel yaitu 20,785 > 3.18 sehingga hipotesis diterima.
Kesimpulan penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 120 |
Keywords: | Kondisi Sosial Ekonomi; Motivasi; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Oct 2016 01:08 |
Last Modified: | 15 Oct 2016 01:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20548 |