Handayani, Febriza (2016) PENGARUH METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI AP SMK TAPEN PERDAGANGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122141009 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7122141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
4. NIM. 7122141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 7122141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 7122141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7122141009 TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7122141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7122141009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7122141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 7122141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 7122141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PQ4R dan Penerapan media audio-visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI AP SMK TAPEN Perdangangan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK TAPEN Perdagangan yang beralamat di Jl. Radjamin Purba SH Pasar I-A. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh kelas XI AP SMK TAPEN yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 52 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, XI AP 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 orang dan kelas XI AP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa.. Sampel ini diambil dengan cara total sampling, Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran PQ4R dan penerapan media audio-visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan metode PQ4R dan penerapan media audio-visual adalah pre-test sebesar 52,59, standar deviasi = 9,34 dan post-test sebesar 79,81, standar deviasi 12,94, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah pre-test sebesar 52,4, standar deviasi = 8.79 dan post-test sebesar 65,6, standar deviasi = 10,23. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh > yaitu 4,5 > 1,675 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan metode pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dan penerapan media audio visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI AP di SMK Taman Pendidikan Perdagangan T.P. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 094 |
Keywords: | Metode Pembelajaran;Media audio visual; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Oct 2016 01:00 |
Last Modified: | 15 Oct 2016 01:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20546 |