Royanti. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123342032 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 7123342032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
4. NIM 7123342032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM 7123342032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM 7123342032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM 7123342032 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM 7123342032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM 7123342032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
9. NIM 7123342032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
13. NIM 7123342032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 7123342032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC)
lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1
Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan yang terdiri
dari 4 kelas dengan jumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1(XI AK1) dan
eksperimen 2 (XI AK2) yang masing-masing populasinya terdiri dari 39 siswa dan
diambil penarikan sampel masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda
sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat
kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan
model pembelajaran Inside Outside Circle = 45,17 dan 81,5 dan hasil rata-rata pre
test dan post test model pembelajaran Cooperative Script = 48,83 dan 69,83.
Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 5,081 sedangkan
ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0.05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis
penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Inside Outside Circle lebih tinggi
secara signifikan dari pada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model
pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 167 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inside Outside Circle; Cooperative Script; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 08:42 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20544 |