PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Syahrinda, Nelly (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123142013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123142013 COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7122142013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7122142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7122142013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7122142013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7122142013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7122142013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7122142013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7122142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7122142013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7122142013 TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7122142013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7122142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7122142013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7122142013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7122142013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7122142013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7122142013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7122142013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7122142013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7122142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi
siswa kelas XII IPS MAN 2 Tanjung Pura. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Together dengan
metode Drill terhadap hasil belajar siswa kelas XII MAN 2 Tanjung Pura Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran
2016/2017 dengan jumlah populasi 74 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan teknik Total Sampling, dimana seluruh populasi adalah sampel yaitu kelas
XII IPS-1 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2
yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang
berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka
dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf
kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors dan menghitung uji
hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05,
maka hipotesis diterima. ‘
Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh rata-rata untuk post-tets
pada kelas eksperimen sebesar 74,865 dengan standar deviasi 10,960 dan kelas
kontrol diperoleh rata-rata post-tets sebesar 67,568 dengan standar deviasi 12,943.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Pada
post-test hasil belajar diperoleh thitung = 2,60 dan ttabel =1,67 dengan thitung > ttabel
sehingga Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan penggunaan Model Pembelajaran Learning Together dengan
Metode Drill terhadap hasil belajar Akuntansi iswa kelas XII IPS MAN 2 Tanjung
Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 130
Keywords: Model Pembelajaran Learning Together; Metode Drill; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 07:11
Last Modified: 14 Oct 2016 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item
View Item