Syahrinda, Nelly (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142013 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 7122142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
4. NIM. 7122142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 7122142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM. 7122142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 7122142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 7122142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 7122142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM. 7122142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. NIM. 7122142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 7122142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi
siswa kelas XII IPS MAN 2 Tanjung Pura. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Together dengan
metode Drill terhadap hasil belajar siswa kelas XII MAN 2 Tanjung Pura Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran
2016/2017 dengan jumlah populasi 74 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan teknik Total Sampling, dimana seluruh populasi adalah sampel yaitu kelas
XII IPS-1 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2
yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang
berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka
dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf
kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors dan menghitung uji
hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05,
maka hipotesis diterima. ‘
Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh rata-rata untuk post-tets
pada kelas eksperimen sebesar 74,865 dengan standar deviasi 10,960 dan kelas
kontrol diperoleh rata-rata post-tets sebesar 67,568 dengan standar deviasi 12,943.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Pada
post-test hasil belajar diperoleh thitung = 2,60 dan ttabel =1,67 dengan thitung > ttabel
sehingga Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan penggunaan Model Pembelajaran Learning Together dengan
Metode Drill terhadap hasil belajar Akuntansi iswa kelas XII IPS MAN 2 Tanjung
Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 130 |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Together; Metode Drill; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20529 |