Depari, Mhd.Syahri Fernandez (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BINJAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7103142049 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 7103142049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
4. NIM 7103142049 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM 7103142049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM 7103142049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM 7103142049 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 7103142049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 7103142049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM 7103142049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM 7103142049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM 7103142049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS
SMA Negeri 5 Binjai T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional pada
siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Binjai T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Binjai yang beralamat di Jl.
Jambi No.5 Kota Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI IS SMA Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2
kelas berjumlah 91 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah
teknik random sampling, yaitu 30 orang dari kelas XI IS 1 terpilih sebagai kelas
eksperimen dan 30 orang dari kelas XI IS 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar
akuntansi siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana
sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas,
daya beda, dan tingkat kesukaran. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu uji
Normalitas digunakan uji Liliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F dan
Pengujian Hipotesis menggunakan Uji-t dengan dk=(n1+n2)-2 pada taraf α= 0,05.
Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen untuk pretes diperoleh ratarata
55,00 dan standar deviasi 9,47, untuk postes 81,33 dan standar deviasi 11,44.
Kemudian untuk kelas kontrol untuk pretes diperoleh nilai rata-rata 54,33 dan
standar deviasi 9,64, untuk postes 73,17 dan standar deviasi 12,14. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% = 0,05 pada pengamatan
n = 30 siswa didapat thitung 2,4123 dan ttabel 1,671. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,4123 > 1,671), dengan kata lain hipotesis
diterima.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS
SMA Negeri 5 Binjai T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 138 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20516 |