Puspita, Yanna (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CHART TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123342042 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7123342042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
3. NIM 7123342042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM 7123342042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM 7123342042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM 7123342042 TABLE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 7123342042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 7123342042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 7123342042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM 7123342042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 7123342042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar akuntansi yang
diajarkan dengan menggunakan media chart lebih tinggi dibanding hasil belajar
akuntansi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK
SMK Negeri 1 Kabanjahe T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe kelas XI AK T.P
2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK di SMK
Negeri 1 Kabanjahe yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30
siswa dan XI AK 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen atau
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam
bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang
dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus “t”.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan
dengan media chart lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa
menggunakan media pada siswa kelas XI AK Di SMK Negeri 1 Kabanjahe T.P
2016/2017. Melalui hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa kelas
eksperimen pre-test 50 dan pos-test 77.33 sedangkan untuk kelas kontrol pre-test
45.33 dan pos-test 70.67. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel
yaitu 4.84 > 1.67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 150 |
Keywords: | Media chart; Hasil belajar;Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20504 |