Barus, Nova Devita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BARUSJAHE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7123342027 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. NIM 7123342027 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
03. NIM 7123342027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
04. NIM 7123342027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
05. NIM 7123342027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
06.NIM 7123342027 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
07. NIM 7123342027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
08. NIM 7123342027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
12. NIM 7123342027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 7123342027 BLIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XII IPS SMA Negeri 1 Barusjahe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar
dengan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi Karakteristik
dan Transaksi Perusahaan Dagang kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Barusjahe.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Barusjahe yang
beralamat di Desa Suka Julu Kec.Barusjahe Kab.Karo. Populasi dalam penelitian
ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 50 orang. Sampel yang digunakan,
kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XII IPS 2 sebagai kelas
eksperimen 2 dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 orang. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji
homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan
kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung> t tabel pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest
X = 42,6; SD = 11 dan postes X = 79,8 ; SD = 10,04. Sedangkan kelas
eksperimen 2 pretest X = 43; SD = 12,41 dan postest adalah X = 73,2 ; SD =
8,645. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05.
Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 2,489 sedangkan ttabel = 2,01. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,489 > 2,01 yang
berarti hipotesis penelitian diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibanding
hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Rotating
Trio Exchange pada materi Karakteristik dan Transaksi Perusahaan Dagang mata
pelajaran akuntansi kelas XII SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 154 |
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping;; Strategi Pembelajaran Rotating Trio exchange; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20500 |