Sembiring., Andi Novrianto (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ACCOUNTING GAME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 TIGABINANGA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7123142002 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM.7123142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM.7123142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM.7123142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM.7123142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM.7123142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM.7123142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM.7123142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13. NIM.7123142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM.7123142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan media
pembelajaran accounting game lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang
diajar tanpa menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas XI IPS di SMA
Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang berlokasi
di Jalan Kotacane Tigabinanga pada tahun pembelajaran 2015/2016 dengan
jumlah populasi 143 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 30 siswa dan kelas
kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes
pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang
dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan
standar deviasi.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas
eksperimen 87,83 dengan standar deviasi 8,80 dan nilai mean tes hasil belajar
siswa kelas kontrol 79,33 dengan standar deviasi 6,91. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung = 4,67 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel =
1,671 ternyata thitung > ttabel (4,67 > 1,671).
Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran accounting game
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Tigabinanga pada Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 105 |
Keywords: | Media Pembelajaran Accounting Game; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 02:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20490 |