PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU T.P 2015/2016

Kemit, Dewi Deviani (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123342007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123342007 COVER.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123342007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123342007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123342007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123342007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123342007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123342007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123342007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123342007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123342007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123342007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123342007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123342007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123342007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123342007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123342007 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123342007 BAB I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123342007 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123342007 BAB V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123342007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123342007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Permasalahan didalam penelitian ini yaitu rendahnya minat dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh pendidikan karakter terhadap minat belajar siswa, (2) pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, (3) pengaruh pendidikan karakter terhadap minat dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru yang berjumlah 103 siswa dengan sampel yang diambil secara acak berjumlah 68 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan tehnik korelasi product moment dengan bantuan program microsoft excel dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha dengan bantuan program SPSS 21.0. Kemudian uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Correlation.
Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas diperoleh 50 butir soal yang dinyatakn valid. 25 butir soal dari variabel pengaruh pendidikan karakter dan 25 butir soal dari variabel minat belajar. Hasil analisa data menunjukkan bahwa: 1) uji normalitas variabel pendidikan karakter = 0.338 > 0.05, minat belajar = 0.582 > 0.05, dan prestasi belajar akuntansi = 0.262 > 0.05, sehingga dapat dikatakan data berdistribusi normal, 2) diperoleh persamaan regresi X = 45.140+0.415Y1. Selanjutnya diketahui persamaan regresi X = 63.049+0.352Y2. (3) uji heteroskedasitisitas variabel pendidikan karakter dengan minat belajar sebesar 0.667 > 0.05. Uji heteroskedasitisitas variabel pendidikan karakter dengan prestasi belajar akuntansi sebesar 0.808 > 0.05, artinya tidak terjadi heteroskedasitisitas, (4) hasil uji multikolinieritas variabel pendidikan karakter dengan minat belajar dan pendidikan karakter dengan prestasi belajar diperoleh nilai tolerance sebesar 1.000>0.10 dan nilai VIF sebesar 1.000<10.00. Sehingga dapat disimpulkan tidak terjadi multikolinieritas. Pengujian hipotesis: (1) Diperoleh nilai Signifikan sebesar 0.000<0.01 untuk variabel pendidikan karakter terhadap minat belajar, (2) diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.01 untuk variabel pendidikan karakter terhadap prestasi belajar, (3) diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.01 berarti kehadiran variabel prestasi belajar bersifat signifikan. Hal ini berarti hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan karakter terhadap minat belajar siswa; 2) terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar akuntansi siswa; 3) terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan karakter terhadap minat dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P. 2015/2016.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 119
Keywords: Pendidikan Karakter; Minat Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 01:45
Last Modified: 14 Oct 2016 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item
View Item