Harefa, Syukur Selamat (2016) PENGARUH PENDEKATAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142051 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 7123142051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
3. NIM. 7123142051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM. 7123142051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 7123142051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 7123142051 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7123142051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7123142051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 7123142051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. NIM. 7123142051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 7123142051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan pendekatan self directed learning dengan menggunakan media visual (power point) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terletak di Jalan Batangkuis Pasar VIII Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 146 orang. Kelas yang dijadikan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling berjumlah dua kelas. Dari kedua kelas tersebut sampel diambil dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 60 orang. Jenis penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice yang berjumlah 30 butir soal, yang berpedoman pada buku paket akuntansi yang telah dinyatakan validitas isi sehingga validitas dan reliabilitas sudah teruji. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 95% dan α = 0,05, maka hipotesis diterima jika thitung > ttabel.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 65,17 dan kelas kontrol adalah 63,47. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79,50 dan kelas kontrol adalah 73,90. Hasil uji thitung adalah 2,0641 sedangkan ttabel = 2,0024 dengan thitung > ttabel (2,0641 > 2,0024) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan pendekatan self directed learning dengan menggunakan media visual (power point) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 108 |
Keywords: | Pendekatan self directed learning; media visual; power point |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 01:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20486 |