Nainggolan,, Bonius Novaldi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YPK MEDAN T. P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113142006 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 7113142006 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
4. NIM. 7113142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 7113142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 7113142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 7113142006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 7113142006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 7113142006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM. 7113142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 7113142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 7113142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
kelas XI SMK YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih
tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving pada siswa Kelas XI SMK
YPK Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPK Medan T.P 2015/2016. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK YPK Medan
yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
secara purposive sampling, yaitu kelas XI Ak 1 berjumlah 36 orang pada kelas
eksperimen I dan kelas XI Ak 2 berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen II.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi
dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas
menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima
hipotesis apabila memang menunjukkan thitung > ttabel pada α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan
model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving. Hasil
uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think
Talk Write adalah nilai rata-rata pre test 40,14, dengan nilai tertinggi 65 dan
terendah 15 serta simpangan baku 10,86 dan post test sebesar 77,08 dengan nilai
tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 10,72. Sedangkan hasil
belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair
Problem Solving adalah nilai rata-rata pre test 37,92 dengan nilai tertinggi 55 dan
nilai terendah 15 serta simpangan baku 10,65 dan post test sebesar 66,67 dengan
nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 11,40. Hasil
pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,92 > 1,6683 pada taraf
signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair
Problem Solving pada siswa kelas XI SMK YPK Medan T.P 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 169 |
Keywords: | Model TTW; Hasil Belajar; Pelajaran Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 07:59 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20477 |