Lubis, Dewi Sartika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MASTERY LEARNING STRATEGY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7121142006 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2.NIM. 7121142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4.NIM.7121142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3.NIM.7121142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5.NIM.7121142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6.NIM.7121142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7.NIM.7121142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM.7121142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM.7121142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13.NIM.7121142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM.7121142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Small Group Discussion pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat yang beralamat di Jl. S.Parman No.5 Stabat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI AK yang berjumlah 61 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari dua kelas, XI AK1 sebagai kelas eksperimen dan XI AK sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varian, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy yaitu dengan nilai rata-rata kelas pre test sebesar 47,50 standar deviasi sebesar 12,35 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 30, nilai rata-rata post test sebesar 83,85 dengan standar deviasi 9,31 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60. Sedangkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata model pembelajaran Small Group Discussion yaitu nilai rata-rata pre test sebesar 47,31 standar deviasi 10,70 dengan nilai tertinggi 70 dan terendah 30, nilai post test sebesar 75,19 dengan standar deviasi 9,95 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = 3,270 dan ttabel = 1,676 pada taraf α = 0,05 yaitu thitung > ttabel (2,880 > 1,676) dengan kata lain hipotesis diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion pada siswa kelas XI AK dengan sub materi memproses entry jurnal SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 123 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy; Model Pembelajaran Small Group Discussion;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 07:49 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20476 |