Tarigan, Yessy Gesella (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MYOB SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7123142056 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
02. NIM 7123142056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
03. NIM 7123142056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
04. NIM 7123142056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
05. NIM 7123142056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06. NIM 7123142056 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
07. NIM 7123142056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
08. NIM 7123142056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
09. NIM 7123142056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM 7123142056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 7123142056 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
jobsheet terhadap hasil belajar MYOB siswa kelas XII-AK di SMK Jambi Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Jambi Medan yang beralamat di Jl.
Pertiwi No. 116 Bantan, Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa
kelas XII AK berjumlah 156 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam
penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling sehingga masingmasing
kelas diambil 25 siswa sebagai sampel yang sebenarnya. Teknik
pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar MYOB adalah tes pilihan ganda
berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya,
maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,712, sedangkan
ttabel sebesar 1,6736 pada tingkat kepercayaan 95% dan sehingga thitung >
ttabel (4,712 > 1,6736) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar MYOB yang diajar dengan menggunakan media
pembelajaran jobsheet lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar MYOB
yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran jobsheet pada siswa kelas
XII-AK di SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 172 |
Keywords: | Hasil Belajar MYOB; Media Pembelajaran Jobsheet. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 07:39 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20474 |