Annisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMK SWASTA BUDI SATRIYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7121142002 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2.NIM.7121142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
4 NIM.7121142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3.NIM.7121142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
5. NIM.7121142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM.7121142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM.7121142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM.7121142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9.NIM.7121142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM.7121142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
14. NIM.7121142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa kelas XII SMK Swasta Budi Satriya Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange dibandingkan daripada
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional
pada siswa kelas XII SMK Swasta Budi Satriya Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Budi Satriya Medan yang beralamat di
Jalan Letda Sujono No 1116,Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XII SMK terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 81 siswa. Sampel dalam
penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XII AK 1
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas XII AK 2 sebagai
kelas kontrol sebanyak 20 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes
diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen
untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda
soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas
menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan
uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen
adalah 42 dan kelas kontrol dalah 37,25. Dan nilai rata-rata hasil postest kelas
eksperimen adalah 80,5 dan kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar siswa 55.
Dan nilai standar deviasi pretest untuk kelas eksperimen adalah 10,93, dan kelas
kontrol 11,75, dan nilai standar deviasi posttest kelas eksperimen adalah 7,59 dan
kelas kontrol adalah 13,56. Dan nilai varians pretest kelas eksperimen 119,47 dan
kelas kontrol 138,09, dan nilai varians post test kelas eksperimen 57,63 dan kelas
kontrol183,95. Hasil uji thitung adalah 7,267 sedangkan ttabel = 1,684 dengan thitung >
ttabel ( 7,267>1,684) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange lebih
tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII SMK Swasta Budi
Satriya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 135 |
Keywords: | Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20470 |