Yusuf,, Lokot M (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POLA PERMAINAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123342017 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM 7123342017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3. NIM 7123342017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM 7123342017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 7123342017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
6. NIM 7123342017 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 7123342017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM 7123342017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
12. NIM 7123342017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 7123342017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model
pembelajaran pola permainan kerja kelompok terhadap hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Medan Jalan Cempaka no 75
Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA
Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas yang
berjumlah 120 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
purposive sampling yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 40 orang dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 orang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest
control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji
homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung
> ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah
58,875 dan kelas kontrol 59,625. Nilai postest kelas eksperimen adalah 71,125
dan kelas kontrol 64,375. Hasil uji thitung adalah 3,56 sedangkan ttabel = 2,00 dengan
thitung > ttabel ( 3,56 > 2,0) yang berarti hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran pola permainan kerja kelompok berpengaruh
positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA
Negeri 12 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 148 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Pola Permainan Kerja Kelompok; Model Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20468 |