PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN T.P 2016/2017

Nasution, Halima Tussakdiah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 7122142002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 7122142002 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. 7122142002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 7122142002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 4. 7122142002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 7122142002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 3. 7122142002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. 7122142002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5. 7122142002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 7122142002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. 7122142002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 7122142002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. 7122142002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 7122142002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. 7122142002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 7122142002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. 7122142002 BAB I (PENDAHULUAN).pdf]
Preview
Text
9. 7122142002 BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 13. 7122142002 BAB IV (HASIL DAN PEMBAHASAN).pdf]
Preview
Text
13. 7122142002 BAB IV (HASIL DAN PEMBAHASAN).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. 7122142002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 7122142002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII IPS SMA Swasta Al-Washliyah Pasar Senen Medan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
model pembelajaran Problem Posing dibanding dengan hasil belajar akuntansi
yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan siklus
akuntansi perusahaan dagang pada siswa kelas XII IPS SMA Swasta Al-
Washliyah Pasar Senen Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al-Washliyah Pasar Senen
Medan yang beralamat di Jl. Pasar Senen No. 7 Kampung Baru Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS terdiri dari 2 kelas yang
berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive
Sampling yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30
orang dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Subjek Random Desain
Pretes-Postes Group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan
ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji
homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung
> ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah
34,00 dengan standar deviasinya 11,477 dan kelas kontrol adalah 30,66 dengan
standar deviasinya 12,368. Dan nilai rata-rata postest kelas eksperimen adalah
78,66 dengan standar deviasinya 11,812 dan kelas kontrol nilai rata-rata hasil
belajar siswa 69,66 dengan standar deviasinya 12,242. Hasil uji thitung adalah 2,879
sedangkan ttabel = 1,671 dengan thitung > ttabel (2,879 >1,671) yang berarti Ha
diterima dan H0 ditolak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi
secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan
dagang pada siswa kelas XII IPS SMA Swasta Al-Washliyah Pasar Senen Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Metode Pemb

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 122
Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:45
Last Modified: 13 Oct 2016 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item
View Item