Ompusunggu, Riduan (2016) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KARAKTER SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141120 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7123141120 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM 7123141120 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM 7123141120 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 7123141120 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 7123141120 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7123141120 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM 7123141120 APENDINCES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123141120 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM 7123141120 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7123141120 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Prestasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar dan Karakter Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 7 Medan T.A 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E, Sitirejo II, Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan dengan jumlah 225 orang siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Random sampling dengan sampel 45 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 25 butir yang dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,878 untuk variabel lingkungan belajar dan 0,922 untuk variabel karakter siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t dimana uji ini dilakukan untuk menjawab hipotesis secara parsial, dan uji F dilakukan untuk menjawab hipotesis secara simultan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y= 23,423+0,305X1+0,415X2+e.Untuk koefisien determinasi dengan Adjusted R Squaresebesar 0,770 atau sebesar 77 %, sedangkan uji t menunjukkan nilai thitung 3,271 dengan sig 0,002 untuk uji hipotesis 1 dan nilai thitung5,402 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai Fhitung 70,314 dengan sig0,000 untuk uji hipotesis 3.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan karakter siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan. Saran peneliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan kualitas lingkungan belajar dan karakter siswa agar prestasi belajar siswa dapat lebih baik kedepannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 061 |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Karakter Siswa; Prestasi belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:25 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20458 |