Butar Butar, Aser (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7123141019 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7123141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM 7123141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 7123141019 KATA PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM 7123141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM 7123141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM 7123141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. NIM 7123141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
9. NIM 7123141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
13. NIM 7123141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 7123141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa,
kurangnya disiplin belajar siswa dan masih rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar
terhadap hasil belajar siswa, mengetahui pengaruh antara disiplin belajar terhadap
hasil belajar siswa, dan mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin
belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Smk Swasta Eria
Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Smk Swasta
Eria Medan yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan
teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel
penelitian, yaitu sebanyak 50 orang. Data variabbel motivasi belajar, dan disiplin
belajar diambil menggunakan angket dan variabel hasil belajar dengan
menggunakan dokumen daftar nilai ulangan siswa. Uji instrumen meliputi
validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara
parsial (uji t) dan secara simultan (uji f). Sebelum dilakukan uji analisis maka
dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov
dan uji multikolinieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar siswa
kelas X Smk Swasta Eria Medan dalam kategori cukup yaitu 42%. Pengujian
terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap
hasil belajar siswa, dimana nilai thitung > ttabel (4,249>1,677). Pengujian hipotesis
secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara
bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa, dan koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,795 atau 79,5%, dimana hal ini menunjukkan bahhwa
besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan
disiplin belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 79,5%.
Bagi siswa Smk Swasta Eria Medan, dapat menggunakan penelitian ini
untuk meningkatkan pemahaman tentang motivasi belajar dan disiplin belajar
dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil belajar. Upaya yang
dilakukan dengan berusaha memperhatikan dan meningkatkan motivasi belajar
dan disiplin belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 084 |
Keywords: | Motivasi;Disiplin; Hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 03:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20448 |