PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DALAM HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK YAPIM MEDAN T.P. 2016/2017

Manurung, Ery Dhunan Tua (2016) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DALAM HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK YAPIM MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 7123141039_cover.pdf]
Preview
Text
1.NIM 7123141039_cover.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7123141039_approval sheet.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7123141039_approval sheet.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 7123141039_absract.pdf]
Preview
Text
4.NIM 7123141039_absract.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7123141039_preface.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7123141039_preface.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 7123141039_table of content.pdf]
Preview
Text
5.NIM 7123141039_table of content.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7123141039_tables.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7123141039_tables.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7123141039_appendices.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7123141039_appendices.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 7123141039_chapter I.pdf]
Preview
Text
8.NIM 7123141039_chapter I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7123141039_chapter V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7123141039_chapter V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7123141039_bibliography.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7123141039_bibliography.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia adalah masalah lemahnya proses pembelajaran . Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menunjang terapainya tujuan pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan adalah dengan menerapkan modepembelajaran yang bervariasi. Seperti model pembelajaran mind mapping dan problem based learning .
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana pemilihan model dan strategi pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas memiliki peranan dalam hasil belajar siswa (2) mengetahui Perbandingan penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Problem Based Learning dalam hasil belajar Kewirausahaan Siswa. Penelitian dilakukan di SMK YAPIM Medan yang beralamat di Jl. Air Bersih No.16 Medan.metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling dimana yang dijadikan objek penelitian dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa/siswi SMK YAPIM Medan yaitu sebanyak 70 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari hasil belajar sisiwa atau nilai rata-rata kelas yang diberi pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK YAPIM Medan diperoleh nilai sebesar 74,71 sementara hasil belajar sisiwa atau nilai rata-rata kelas yang diberi pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem Based Learning diperoleh nilai sebesar 69,29. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang lebih baik digunakan dalam mata pelajaran kewirausahaan siswa/siswi SMK YAPIM Medan yaitu model pembelajaran mind mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 086
Keywords: Mind Mapping; Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 02:53
Last Modified: 12 Oct 2016 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item
View Item