Siddik, Fauzan (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141043. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7123141043. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
3. NIM. 7123141043. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
4. NIM. 7123141043. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 7123141043. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. NIM. 7123141043. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 7123141043. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 7123141043. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM. 7123141043. BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 7123141043. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 7123141043. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM. 7123141043. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran dan motivasi intrinsik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Swasta Eria Medan pada mata pelajaran mengelola surat/dokumen kantor T.A 2016/2017.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan motivasi intrinsik secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mengelola surat/dokumen kantor siswa kelas XI SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Eria Medan yang berjumlah 60 orang. Jumlah sampel 60 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah uji asumsi klasik dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel media pembelajaran (X1) memiliki kategori pada taraf baik dengan nilai rata-rata 4,14 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung> ttabel yaitu 10,466>2,002. Sedangkan variabel motivasi intrinsik (X2) memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata 3,78 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung> ttabel yaitu 16,408 > 2,002. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F yaitu 468,758 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3.158. Media pembelajaran dan motivasi intrinsik memiliki determinasi 94% terhadap prestasi belajar sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada kepala sekolah, para guru dan orang diharapkan dapat menerapkan media pembelajaran lebih intens kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga lebih memperhatikan motivasi intrinsik siswa sehingga siswa dapat belajar secara nyaman, efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 074 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Motivasi Intrinsik; Prestasi Belajar ; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 02:25 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20434 |