Ritonga, Dirga Haryati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141009 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 7121141009 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
4. NIM 7121141009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM 7121141009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 7121141009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 7121141009 DAFTAR TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7121141009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7121141009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7121141009 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM 7121141009 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM 7121141009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make a Match terhadap hasil belajar siswa juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Kewirausahaan SMK Swasta Kartini Utama Sei Rampah TP. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas yang berjumlah 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas XI AP (Eksperimen I) yang berjumlah 30 siswa, dan kelas XI TKJ (Eksperimen II) yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 80,5 dan standar deviasi sebesar 8,945. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 75,167 dan standar deviasi 8,6586. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,32 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,32 > 1,667) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) dan model Make a Match terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 18,63% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Make a Match dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 14,09% pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI SMK Swasta Kartini Utama Sei Rampah T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 046 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division; Model Pembelajaran Make a Match; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 08:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20432 |