Humaira (2016) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA PAB.2 HELVETIA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7123341043 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 7123341043 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
4. NIM 7123341043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM 7123341043 Kata Pengantar Dll.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 7123341043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM 7123341043 BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
10. NIM 7123341043 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
11. NIM 7123341043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
12. NIM 7123341043 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pengelolaan
kelas dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar dengan prestasi belajar
kewirausahaan siswa SMK PAB 2 Helvetia T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK PAB 2 Helvetia Jln. Veteran Pasar VI Helvetia Deli Serdang. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini
berjumlah 74 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari
observasi,dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial diperoleh terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara Pengelolaan Kelas dengan prestasi belajar kewirausahaan dengan
korelasi ry1.2 sebesar 0,377 dan nilai thitung > ttabel (3,452 > 1,668) dan terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan dengan
korelasi ry2.1 sebesar 0,601 dan nilai thitung > ttabel (6,377 > 1,668). Dari hasil analisis regresi
ganda diperoleh persamaan regresi ganda adalah Ŷ = 17,106 + 0,399 X1 + 0,840 X2. Hasil ini
menunjukkan bahwa jika koefisien persepsi siswa tentang pengelolaan kelas naik satu satuan,
maka nilai prestasi belajar akan naik 0,399 satuan. Jika nilai motivasi belajar naik satu satuan
maka nilai prestasi belajar akan naik 0,840 satuan. Nilai Fhitung sebesar 44,781 lebih besar dari
Ftabel 3,12 artinya Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,558 menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas
(pengelolaan kelas dan motivasi belajar) dengan variabel terikat (prestasi belajar) adalah
sebesar 55,8% sedangkan sisanya 44,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar
kawasan penelitian.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
Pengelolaan Kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa
kelas X-AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 077 |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Motivasi; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20426 |